CARA MEMBUAT JENANG GEMPOL JOGJA

Resep Jenang Gempol Pleret Khas Jogja, Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan Tradisional Khas Yogyakarta memang sangat banyak dan lezat contohnya adalah jenang gempol ini, jenang ini terbuat dari tepung beras, dengan rasa jenangnya yang manis  ini dikarenakan memakai gula merah, nah kalau gempolnya sendiri itu terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat-bulat menyerupai bentuk bakso atau sebesar kelereng.

Jenang kalau dalam bahasa jawa adalah bubur, jadi kalau Jenang Gempol ini berarti bubur gempol yah kira-kira begitulah, dan katanya bubur gempol yang paling enak adalah ada di jogja, dan semoga saja ada didaerah lainnya seperti Bandung, Jawa Barat, Denpasar, Bali dan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia ini.

Dan kalau Anda adalah para pecinta jenang gempol pasti tidak asing lagi dong dengan jenang buatan Bu Gesti, Mba Diah Didi, Jenang Gempol Bantul, Jenang Gempol Magelang, dan Pasar Pathuk, yah itu adalah tempat surganya jenang gempol, dan perlu sekali untuk di coba.

Gambar Jenang Gempol Pleret Khas Jogja
Gambar Jenang Gempol Pleret Khas Jogja
Untuk rasanya jenang gempol ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena rasanya yang enak dan lezat, kemudian sayang untuk dilewatkan, makanan ini memang makanan jadul dan sudah mulai jarang yang menjualnya, tapi dengan semangat kita ayo kita buat jenang ini agar anak cucu kita bisa terus menikmatinya.

Baiklah agar tidak penasaran, berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan Resepi Jenang Gempol Pleret Khas Jogja, Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis anti gagal dengan step by step untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis kue tradisional jenang gempol.

RESEP JENANG GEMPOL


Bahan Gempol:
  • tepung beras 500 gram 
  • tepung kanji 5 sdm 
  • Santan encer secukupnya
  • garam 2 sdt 
  • 1 liter santan dari 1 buah kelapa
  • daun pandan 2 lbr 

Cara Membuat Jenang Gempol Yang Enak

  1. Adoni semua tepung yang sudah kita kumpulkan seperti tepung beras dan tepung kanji, lalu campur dengan 1 sendok teh garam dengan santan encer secukupnya, setelah itu bentuk bulat-bulat sebesar kelerang.
  2. Setelah itu masak air dan didihkan, lalu masukkan gempol beras dan tunggu prosesnya sampai matang, dan untuk menandainya kalau matang atau tidak kita bisa lihat gempolnya sudah mengapung atau tidak, kalau sudah mengapung berarti itu sudah matang, setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Kemudian rebus santan dan masukkan daun pandan dan masukkan 1 sdt garam, gunakan api kecil saja, dan pastikan adonan santannya tidak pecah.
  4. Setelah itu masukkan gempol beras sampai mendidih sekali lagi.
  5. Siap disajikan.

Baiklah demikian Resep Jenang Gempol Pleret Khas Jogja, Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak yang dapat kami sajikan untuk Anda, semoga bermanfaat buat kita semua ya, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel