RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK | RESEPUMIKU.COM

RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak | Pempek atau yang biasa dikenal dengan empek-empek adalah makanan khas Kota Pelembang - Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Makanan Khas Palembang ini adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Untuk membuat Pempek yang enak itu sangatlah mudah, karena bahan dari empek empek ini adalah bahan-bahan yang ada disekitar kita, seperti  ikan, tepung, garam, udang dan lain-lain, sehingga cara membuat empek empek yang enak bisa kita buat dirumah.

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat empek empek Palembang, saya akan bercerita sedikit asal muasal makanan pempek ini  atau sejarah dibuatnya makanan empek empek Palembang ini, penasaran?? Baiklah berikut adalah ulasanya:

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak
Copyright: pempeklince.com

Sejarah Empek Empek Palembang

Menurut sejarah, pempek telah ada di Kota Pelembang sejak masuknya para imigran atau perantau dari Negara Tiongkok, mereka pertama kali datang ke Kota Palembang pada waktu abad ke – 16, saat itu pemerintahan di kuasai oleh Sultan Mahmud Badaruddin II, yang mana Beliau adalah salah satu pemimpin yang berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam.

Menurut cerita rakyat, dulu sekitar tahun 1617 ada seorang apek (yaitu sebutan dari paman atau lelaki tua Tiongkok) yang tinggal di daerah Perakitan yaitu suatu tempat di tepian Sungai Musi. Beliau merasa prihatin dengan melimpahnya jumlah tangkapan ikan yang berhasil ditangkap oleh nelayan setempat dan mereka belum bisa memanfaatkan secara optimal hasil dari tangkapan ikan tersebut.

Para penduduk Kota Pelembang hanya memanfaatkan daging ikan secara umum saja, seperti di jual, di goreng, dan dipindang, dan yang lebih memprihatinkan adalah ketika ikan yang tidak laku dijual akan membusuk dan akhirnya dibuang.

Hal-hal inilah yang membuat Apek mencoba untuk mencari jalan keluar agar para nelayan bisa memanfaatkan daging ikan tersebut secara optimal.

Ia mencoba untuk mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, setelah dicampur dan dibentuk sedemikian rupa, lalu ia mencoba untuk menjajakan hasil olahan ikan tadi ke rumah-rumah dengan menggunakan sepeda, ia berkeliling kota dan terus menawarkan makanan olahan daging ikan dan tepung tapioka tersebut, dan pada akhirnya banyak orang yang suka,  dan mencintai makanan tersebut.

Dan yang lebih menarik adalah penamaan nama makanan pempek tersebut, nama itu berasal dari panggilan penjual makanan daging ikan+tepung tapioka tersebut, mereka sering memangilnya dengan sebutan “pek.. apek” dan sangking terkenalnya pangilan tersebut maka tak ayal kita menyebutnya dengan makanan pempek atau  empek-empek atau bisa juga pek-pek. Hmm menarik sekali bukan.


Jenis – Jenis Pempek

Ada banyak sekali jenis Pempek yang berterbaran diseantero makanan di Indonesia itu, dan berikut adalah jenis-jenisnya.

  • Pempek Kapal Selam
Karena makanan empek-empek ini terus berkembang, maka untuk saat ini banyak sekali sekali jenis-jenisnya, dan yang paling terkenal dari semua jenis empek-empek Palembang adalah “pempek kapal selam”, yaitu jenis pempek yang diisi dengan isian telur ayam dan digoreng dengan menggunakan minyak panas.

  • Pempek Lenjer / Pempek Bulat / Pempek Ada’an
Ada juga jenis pempek lainnya yang tak kalah enak yaitu “Pempek Lenjer” atau “Pempek Bulat” pempek ini sering kita kenal dengan sebutan “Pempek Ada’an”.

  • Pempek Kulit Ikan
Lalu ada lagi pempek yang gurih, crispy dan kresh namanya adalah “Pempek Kulit Ikan”, pempek jenis ini paling sering disajikan kepada anak-anak, karena biasanya mereka suka dengan makanan garing, crispy dan kresh.

  • Pempek Pistel
Yaitu pempek yang berisi irisan pepaya muda yang telah direbus lalu ditumis dan dibumbui, pempek ini memiliki cita rasa yang paling mengoda dari pempek lainnya.

  • Pempek Telur Kecil
Nah dari namanya saja kita sudah tau kan pempek ini menggunakan apa, heheh bener pempek ini menggunakan telur kecil atau bisa juga Anda menggunakan telur puyuh sebagai isian makanan pempek Anda.

Dari satu adonan pempek yang telah dibuat, ternyata ada banyak makanan yang bisa kita hasilkan, ini tergantung dari baik dan komposisi proses pengolahan akhir atau pola penyajian, diantaranya adalah laksan, tekwan, model, celimpungan dan lenggang. (referensi: pempek)

Hmm banyak banget kan hasil olahan ikan dan tepung tapioka hasil karya Apek itu, baiklah akan saya bagikan kepada Anda cara membuat pempek asli Palembang yang bisa Anda coba dirumah, penasaran?

Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha pempek Palembang.


Cara Membuat Empek Empek


Bahan/bumbu pempek asli Palembang:
  • ikan tenggiri 300 gram, haluskan dengan menggunakan mesin penghalus
  • tepung terigu 125 gram
  • garam 2 sdt atau bisa juga secukupnya
  • tepung tapioka/sagu 200 gram
  • penyedap rasa 1/4 sendok teh
  • gula pasir 1 sendok teh
  • bawang putih 1 siung ukuran sedang, haluskan
  • air bersih 250 ml
  • telur ayam 2 butir
  • telur untuk isian

Bahan cuka pempek:
  • gula merah/aren 250 gr
  • air asam jawa 50 gr
  • mentimun yang masih segar, kupas kulitnya dan potong kecil-kecil seperti acar
  • cabai rawit (sesuai selera), haluskan
  • air bersih 1 liter
  • bawang putih 200 gr ukuran sedang, iris kecil-kecil lalu cincang halus
  • ebi kering 2 sendok makan, dihaluskan terlebih dahulu

Cara membuat cuka empek empek yang enak

  1. masak air terlebih dahulu sampai setengah mendidih dengan air sedang
  2. masukan asam jawa kedalamnya bersamaan dengan gula merah, rebus semuanya sampai semuanya mendidih dengan baik
  3. setelah itu tambahkan juga bawang putih beserta cabe rawit (sesuai selera pedasnya)dan garam secukupnya, aduk pelan-pelan hingga rata
  4. setelah dirasa siap, cicipi sedikit kepedasan dan asinya, jika sudah pas angkat dan tuang kedalam potongan mentimun yang sudah dipotong-potong tadi


Cara membuat empek empek Palembang asli dan kuahnya:

  1. Siapkan semua bahan dengan baik dan lengkap
  2. Masak air terlebih dahulu sampai mendidih
  3. lalu masukkan juga penyedap rasa lalu garam secukupnya dan bawang putih, gula pasir, tepung terigu
  4. aduk semua adonan empek empek Palembang dengan pelan-pelan sampai semuanya tercampur dengan baik
  5. setelah itu pastikan adonannya terasa agak mengental, lalu angkat dan diginkan.
  6. lalu setelah adonannya dingin, tinggal kita campurkan dengan beberapa adonan lainnya seperti ikan tenggiri dan juga telur ayam,
  7. olesi semuanya dengan adonan hingga terasa lembut.
  8. setelah itu beri tepung sagu dan aduk kembali sampai rata, olesi juga secara pelan-pelan
  9. jika sudah terasa lengkat dan susah untuk dibentuk, maka kasih atau tambahkan tepung sagu lagi sampai adonan bisa di bentuk dengan baik
  10. Lalu rebus kembail air bersih, dan masukkan adonan empeknya
  11. cara memasukkan adalah dengan membuatnya bulat pipih dan isi dengan telur ayam
  12. setelah itu jika ada waktu bentuk pempek kita seperti pempek kapal selam
  13. rebus semuanya hingga mendidih dan mengapung, tunggu hingga matang, angkat dan tiriskan
  14. goreng adonan tersebut saat akan menyajikan, dan siap disantap.

Tips Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak:

  • Penggunaan gula aren ketika mengolah pempek akan mempengaruhi rasa dan warna pekat dari kuah cuko empek empek tersebut, jadi gunakan dengan baik ya, agar rasa pempek sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  • Menggunakan bahan gula batok aren yang warnanya pekat akan membuat cuko pempek menjadi hitam pekat
  • Ketika ingin mengatur tingkat kekentalan kuah cuko pempek, kita harus pandai-pandai dalam menggunakan jumlah takaran air yang digunakan, agar waktu disajikan cuko tidak terlalu kentar atau encer
  • Gunakan cabe rawit hijau agar tidak mempengaruhi warna cuko, sedangkan kalau kita gunakan cabe rawit merah itu akan membuat cuko pempek menjadi agak kemerahan

Oh ya Umi, ada juga lho resep empek-empek lainnya, dan yang pasti resep masakan empek-empek ini lain dari pada yang lain, kalau Anda sudah nyaman dengan empek empek Candy, tidak masalah sih, kita bisa membuatnya lebih enak loh, penasaran dengan resep pempek lainnya, yuk simak resep berikut ini ya.

Resep Empek Empek Sutra Paling Lembut


Resep pempek sutra ini adalah pempek yang paling lembut dan paling sederhana dalam segi bahan dan bumbu pembuatnya, nah agar tidak penasaran dengan resepnya berikut adalah ulasannya untuk Anda, ikuti disini ya: Cara Membuat Empek Empek Sutra


Resep Empek Empek Dos Yang Enak

RESEP EMPEK EMPEK DOS YANG ENAK

Nah resep pempek dos ini adalah resep yang populer, membuat dengan cara yang sederhana dan bisa langsung Anda coba dirumah, penasaran dengan resepnya, berikut adalah ulasannya: Cara membuat empek empek dos


Resep Empek Empek Ikan Tongkol Spesial


Menikmati masakan pempek dengan adonan ikan tongkol adalah salah satu cara terunik yang pernah ada, jika Anda alergi dengan masakan laut, maka coba deh dengan ikan tongkol ini, rasanya juga sangat enak dan gurih, penasaran bisa cek disini ya: Cara Membuat Empek Empek Ikan Tongkol


Resep Empek Empek Udang Yang Gurih


Ini adalah resep pempek yang gurih, sebagaimana kita ketahui bersama, rasa asli dari udang itu sendiri sudahlah gurih, nah kalau kita campur untuk buat pempek bagaimana ya, penasaran simak yuk disini: Cara membuat empek empek udang


Resep Empek Empek Putih Telur


Membuat empek empek khas Palembang memang bisa dengan menggunakan bahan lain, seperti ikan, kemudian udang dan telur, nah kalau kita buatnya dengan putih telur seperti apa ya, baik deh simak ulasan kami disini ya: Cara membuat empek empek putih telur


Resep Empek Empek Tanpa Ikan

Resep Empek Empek Tanpa Daging Ikan
Copyright: vemale.com
Nah resep Palembang tanpa ikan ini adalah resep pempek yang paling populer ketika harga ikan melejit, Anda tetap bisa menikmati enaknya rasa asli empek - empek yang enak walaupun tanpa ikan, lebih jelasnya silahkan simak resep berikut ini ya: Cara Membuat Empek Empek Tanpa Daging Ikan

Resep Empek Empek Ny. Liem

Resep Pempek Asli Palembang Ny. Liem
Copyright: doyanresep.com
Resep yang satu ini memang sangatlah menarik, kita bisa mengolahnya menjadi bentuk apapun dan isian apa pun, pada resep ini, kita akan belajar jadwal-jadwal untuk memberikan uleni pada pempek ini, baiklah untuk lebih jelasnya bisa disimak pada ulasan ini: Cara Membuat Pempek Asli Palembang Ny. Liem



Resep empek empek ikan tenggiri

Resep empek empek ikan tenggiri
Copyright: kelambit.com
Pempek sendiri rasanya saja sudah sangat enak, kalau kita campur dengan daging ikan tenggiri, hmm pasti dobel banget enaknya, sudah enak menyehatkan juga lagi, tunggu apa lagi nih, yuk simak ulasan kami berikut ini ya:  Cara Membuat Empek Empek Ikan Tenggiri


Resep Empek Empek Kapal Selam

Copyright: Tribunnews.com
Nah ini adalah salah satu aneka resep masakan olahan pempek asli Palembang yang rasanya sudah tidak perlu lagi dipertanyakan, resep pempek kapal selam ini bisa Anda santap bersama keluarga dan rekan terbaik Anda, untuk resepnya silahkan simak ulasan kami berikut ini ya: Cara Membuat Pempek Kapal Selam


Resep Pempek Kulit

RESEP PEMPEK KULIT YANG GURIH DAN CRISPY
Copyright: dapurzahra.com
Makanan dengan model crispy biasanya paling disukai oleh anak-anak, wajar mereka suka karena ada sensasi kresh ketika memakannya, nah kali ini akan kami sajikan resep pempek yang garing, kresh dan krispi, untuk selengkapnya silahkan cek disini ya: Cara Membuat Pempek Kulit Crispy


Resep Empek Empek Lenjer

Cara Membuat Empek Empek Lenjer
Copyright: resepharian.com
Jika ingin makan pempek Palembang dengan menggunakan mie maka jawabannya adalah pempek lenjer lah jawabannya, makanan ini terbuat dari bumbu dan bahan yang sederhana dengan campuran saos cuka yang sedap, membuat makanan empek empek lenjer ini wajib Anda coba, penasaran yuk simak ulasan kami disini : Cara Membuat Pempek Lenjer


Resep Empek Empek Adaan Palembang

Resep empek empek adaan
Copyright: masakandapurku.com
Salah satu makanan favorit saya kalau pas liburan ke kota Palembang, yah pempek Adaan ini, makanan ini wajib Anda coba, dengan mencampurkan saus yang enak, maka lidah Anda akan bergoyang, dan ketagihan, penasaran lihat resepnya disini ya: Cara Membuat Empek Empek Palembang Adaan


Resep Empek Empek Palembang NCC

Resep Empek Empek Palembang NCC
Copyright: cookpad.com - yetty patna putri
Satu lagi resep warisan nusantara yaitu resep pempek Palembang Ala NCC, resep yang dari NCC adalah resep yang sangat mudah dan simpel, mudah untuk diolah dan diikuti, baiklah agar tidak penasaran, silahkan ikuti ulasan kami berikut ini ya: Cara Membuat Pempek Palembang NCC


Resep Empek Empek Palembang Ala Pak Raden

Copyright: tipscaramembuat.blogspot.com
Nah resep pempek ala Pak Raden ini sangat enak, jelas dan mudah sekali diikuti, ada banyak bahan yang mudah kita olah, dan dengan cuko yang baik, kita bisa menikmati rasa asli dari pempek Palembang ini, penasaran simak ulasan kami disini ya:  Cara Membuat Pempek Palembang Ala Pak Raden


Bagaimana Umi sangat mudah sekali bukan, yah memang sih resep kue saya ini tidak dapat mengantikan rasa aslinya, karena cita rasa asli empek-empek Palembang ada di kota itu, jadi kita mau tidak mau harus berlibur kesana ya, dijamin tidak nyesel deh, percaya sama saya : ).

Demikian Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua, dan dapat menambah wawasan akan kayanya kuliner Indonesia ini, sampai ketemu di artikel lainnya ya, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel