Sabtu, 11 November 2017

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk

Resep Masakan – Kali ini kami akan berbagi mengenai tips dan trik, karena memang sudah lama sekali kami tidak berbagi tips, yang keseringan sih mengenai resep masakan, : )

Nah untuk saat ini kami akan membahas mengenai “Jengkol”, dan pembahasan ini akan meliputi apa itu jengkol dan cara memasaknya biar bau jengkol tidak menyengkat.

Baiklah jengkol adalah satu bahan makanan yang paling disukai oleh orang banyak, makanan ini sangat digandrungi oleh masyarakat Jakarta.

Disamping enak rasanya jengkol itu memiliki bau yang sangat menyengat, dan kalau Anda tidak terbiasa makan jengkol pasti nanti akan berasa enek.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk

Dan kalau saya perhatikan sih, ternyata ada sebuah tips dan trik untuk menghilangkan atau agar baunya tidak menyengat, yaitu dengan mengolahnya sesuai dengan cara yang benar. Dan seperti apa tips nya berikut adalah tipsnya.

Tips Memasak Jengkol Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau


Memilih dan Memilah Jengkol Yang Tepat

Agar masakan jengkol kita sempurna, kita harus perhatikan kualitas jengkol itu terlebih dahulu, karena memang kalau kita tidak perhatikan, walaupun kita memasaknya dengan cara chef terkenal pun, nanti hasilnya juga sama, tidak enak, jadi kita harus pinter-pinternya memilih ya.

Rendam jengkol

Agar jengkol ini tidak bau, maka rendamlah jengkol di dalam air, agar dapat membantu mengurangi bau yang tidak sedap, serta kita mampu menetralisir racun yang ada dijengkol itu, Untuk hasil yang terbaik, kita harus menggunakan air es atau air dingin, selain itu kita juga bisa merendamnya dengan menggunakan air kapur sirih, Untuk lama merendamnya yang paling baik adalah semalaman, karena cara ini baunya akan hilang.

Rebus jengkol dengan bahan-bahan pilihan

Setelah direndam semalaman dengan air es/air kapur sirih, kita harus menetralisir bau yang menyengat itu dengan merebus bersama bahan-bahan pilihan, salah satunya adalah merebusnya dengan daun jeruk purut. Cara ini cukup mudah, iris daun dan jruk purut yang sudah anda siapkan. Setelah itu masukan irisan daun jeruk purut tersebut pada rebusan jengkol

Baca juga : Resep Membuat Donat Kentang Empuk Praktis Sangat Lembut Dan Enak


Lakukan teknik rebusan yang benar

Merebus jengkol haruslah dengan benar karena kalau tidak benar nanti citarasa dari jengkol itu akan semakin menyengat, nah cara yang benar adalah bahwa kalau merebus jengkol itu tidak boleh terlalu matang, karena kalau terlalu matang nanti ketika dipipihkan atau saat dimasak jengkol itu akan menjadi cepat hancur. Mengapa harus dipipihkan, ini karena agar bumbu yang dibuat cepat meresap kedalam jengkol, sehingga nanti kalau resapannya sempurna, citarasa jengkol akan nikmat.

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Makan Jengkol

Meskipun kita sudah melakukan tips dan trik diatas dengan benar tetapi tetap saja jengkol akan meninggalkan bau di mulut, nah untuk mengatasi hal ini adalah kita bisa meminum kopi pahit tanpa gula, mengapa harus kopi, karena aroma kopi dapat menetralisir bau jengkol yang ada dalam mulut kita.

Nah demikian Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk yang dapat kami sampaikan, semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.

Salam
resepumiku.com

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

0 komentar: