Jumat, 15 Juli 2016

Resep Masakan Cara Membuat Serundeng Daging Sapi Enak, Lezat, dan Bergizi

Advertisement

Resep Masakan Cara Membuat Serundeng Daging Sapi Enak, Lezat, dan Bergizi - Halo Umi terimakasih telah mengunjungi blog saya ini, pasti penasaran pengen membuat masakan yang satu ini kan? : )

Hmm kalau boleh saya tebak, pasti dirumah Umi masih banyak daging bekas Idul Adha kemaren yang belum terjamah, dan masih menumpuk di kulkas, dari pada bingung mau membuat apa, yuk kita buat serundeng.

Resep Masakan Serundeng Daging Sapi Enak, Lezat, dan Bergizi

Dan sebagaimana kita tahu, daging sapi yang diolah dengan masakan serundeng ini sangat baik loh buat kesehatan, dan untuk masakan ini sangat cocok bila Umi tidak ingin repot-repot, karena kalau kita memasak serundeng, dipastikan dagingnya akan bertahan lama dan tidak mudah busuk.

Daging serundeng dilengkapi dengan banyaknya serat dari kelapa yang diparut, dan itu dapat menambah nutrisi dalam tubuh kita dan membuat tubuh kita menjadi fit.

Baiklah agar tidak lama-lama, saya bagikan resep masakan nya ya, berikut adalah resepnya, selamat mencoba.

Resep Serundeng Daging

Bahan lengkap serundeng daging sapi
  • 200 gram kelapa parut kasar disangrai
  • 2 lembar daun salam (yang masih bagus)
  • 2 cm jahe, (dimemarkan terlebih dahulu)
  • 2 batang serai, (dimemarkan terlebih dahulu)
  • 4 lembar daun jeruk
  • 350 gram daging gandik
  • 1.000 ml air untuk merebus
  • 100 ml kaldu
  • 1 sendok teh asam jawa dan 3 sendok makan air, dilarutkan
Bumbu serundeng daging sapi yang dihaluskan
  • 2 sendok makan gula merah (sisir hingga halus)
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 12 butir bawang merah (ukuran sedang)
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 3 siung bawang putih (ukuran sedang)
  • 1 3/4 sendok teh garam
  • 2 cm lengkuas (yang warnanya masih bagus)
  • 1 cm jahe

Cara membuat serundeng daging sapi yang enak dan lezat

  1. Siapkan daging sapinya, cuci terlebih dahulu hingga bersih, dan pastikan darahnya hilang, dan ini cukup diperhatikan ya Umi, pastikan daging tersebut masih bagus, dan bebas dari cacing atau lainnya, karena kalau ada cacingnya berarti itu dagingnya sudah busuk.
  2. Nyalakan kompor dan masaklah air.
  3. Masukkan dagingnya dalam air tersebut, lalu rebus.
  4. Tambahkan bahan lain seperti jahe, daun sala, dan air bersih, rebus daging tersebut hingga benar-benar empuk.
  5. Setelah itu angkat dan sisihkan.
  6. Setelah agak dingin, daging tersebut kita potong kecil-kecil (suwir-suwir) menurut selera kita.
  7. Siapkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan serai yang sudah dimemarkan, daun jeruk, dan air asam jawa.
  8. Campurkan semuanya dengan daging sapi yang telah disuwir-suwir, aduklah hingga rata, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbunya meresap dengan baik.
  9. Pindahkan semua adonan tadi ke alam wajan yang bersih. 
  10. Masukkan atau tuang kaldu daging secara pelan-pelan. 
  11. Masak semuanya diatas api kecil sampai bumbunya benar-benar meresap.
  12. Dan yang terakhir, masukkan kelapa parut kasar kedalam wajan, dan aduk hingga rata sampai kering.
  13. Siap disajikan.
(untuk 5 porsi)

Dan kalau binggung dengan cara diatas, yuk simak cara kedua saya dalam membuat serundeng ya, silahkan dicoba ya

Resep Cara Membuat Serundeng ayam

Bahan-bahan
  • kelapa parut
  • ayam 1 kg
bumbu halus :
  • bawang putih 5 siung
  • kunyit 1 ruas
  • jahe 1 ruas
  • minyak untuk menumis
  • ketumbar 2 sdt ukuran sedang
  • garam
  • kemiri 2 butir
  • gula jawa 1 sdt
  • air bersih / air matang 500 ml
  • penyedap rasa secukupnya
memarkan :
  • sereh 1 batang
  • daun jeruk yang masih segar 1 lembar
  • daun salam 2 lembar
  • lengkuas 1 cm

cara membuat serundeng ayam

  1. rebus ayamnya
  2. dan bersihkan sampai ke kotorannya
  3. tumis beberapa bumbu halus sampai kering
  4. masukkan bumbu lain yang dimemarkan
  5. tumis lagi sampai matang
  6. tambahkan ayam dan air,
  7. tutup pancinya
  8. lalu rebus setengah matang
  9. lalu kita masukkan bumbu parutan kelapa
  10. goreng serundeng dan ayam, masak sampai matang
  11. sajikan

Baca Juga:
Cara membuat krengsengan daging
Cara membuat soto ayam kampung
Cara membuat ayam kecap

Bagaimana Umi, sudah punya gambaran untuk mengolah daging sapi dirumah?, pastinya sudah dong, dan kalau Umi bingung atau Umi tidak suka dengan serundeng, daging sapi nya bisa juga lho dibuat Krengsengan atau yang kalau punya daging kambing bisa juga dibuat sate kambing, sehingga daging dirumah tidak dibuang sayang kan, : )

Demikian  Resep Masakan Cara Membuat Serundeng Daging Sapi Enak, Lezat, dan Bergizi semoga artikel kami dapat memberikan manfaat buat kita semua, terimakasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa.
source image: http://wikiresep.com/foto/2012/07/Serundeng-Daging.jpg

Resep Masakan Cara Membuat Serundeng Daging Sapi Enak, Lezat, dan Bergizi Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

13 komentar:

Lianny Hendrawati mengatakan...

Wah sedapnyaaaa. Selama ini aku beli aja, lebih praktis daripada membuat sendiri. Ngebayanginnya sudah ribet hehehe. Tapi kalo bisa membuat sendiri pasti selain lebih enak, lebih irit juga lebih sehat ya.

Dary Pradipta mengatakan...

keep posting gan semangat hehe, kunjungan di sore hari, ditunggu kunjungan baliknya

Nisa Lutfiyah mengatakan...

Ummi Lianny, iya memang sedap banget, dan pastinya mudah sekali kog buatnya, tetap semangat terus ya

Dary, oke siap Mas, sudah menuju ke TKP : )

Nasirullah Sitam mengatakan...

Dulu sering makan serondeng hehehheh. Dirumah biasanya buat :-D

Nisa Lutfiyah mengatakan...

Ummi Nasirullah, wow bisa donk dibagikan resepnya di sini, ntar saya update deh : )

Jejen Zaenudin mengatakan...

ini makanan yang setahun sekali saya makan.. pas hari raya idul adha doang makan serungdeng daging sapi. hehe

Susi Susindra mengatakan...

bikin serundeng itu cukup ribet dan harus benar2 senggang (mungkin krn saya kalo bikin serundeng sekalian 3-4 kelapa).
Tapi saya suka banget makanan yg satu ini.

Nisa Lutfiyah mengatakan...

Abi @Jejen, iya memang pas dimakan waktu idul adha ya, : )
Ummi @Susi saya juga seneng lho dengan masakan ini, sedep banget : )

Tatit mengatakan...

Ini kesukaan anakku Asik gurih dari kelapanya bikin nambah nasinya

sari widiarti mengatakan...

suka banget sama serundeng daging, tapi bikinnya lama jadi jarang masak ini deh :D

Khairuddin Kh mengatakan...

ini mah makanan favorit saya mbak, tapi syang cuman bisa makan belum bisa buat,
berkahkhair

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Nah, cocok nih! Daging bakalah lebih awet jika diolah menjadi serundeng ya..
Makasih resepnya mbak, tinggal prakteknya hi..hi..

Adams Aghata mengatakan...

waduh, bacanya aja udah bikin ngiler...
pasti seneng yah kalo laki-laki punya istri yang pinter masak kayak umii..
terima kasih
salam kenal umi