Selasa, 04 Oktober 2016

Resep Cara Membuat Permen Jelly

Resep Cara Membuat Permen Jelly - Hai Umi bertemu lagi dengan saya, dan dengan suasana hati yang menyenangkan tentunya, oh ya Umi saya sempat kepikiran tentang jajanan apa yang cocok buat anak-anak dirumah, karena saya ragu dengan jajanan yang tidak menyehatkan yang banyak sekali ada di lingkungan kita.

Contohnya saja setiap harinya, pasti anak-anak membeli jajanan di sekolahnya, entah itu cilok, cimol dan lain-lain, dan yang lebih menghawatirkan adalah bahan-bahan kandungan dari jajanan tersebut yang bikin saya resah setiap harinya.

Resep Permen Jelly

Karena dampak dari kandungan bahan-bahan berbahaya yang masuk kedalam tubuh anak-anak, memang sih dampaknya tidak langsung muncul, tetapi selang 1 tahun atau 5 tahun pasti dampaknya muncul, seperti bom yang siap meledak, hehehehe

Setelah saya browsing di internet dan menemukan salah satu topik bahasan masakan sehat buat anak-anak langsung deh, tanpa banyak berpikir ulang, saya akan menyiapkan jajanan anak saya sendiri, jadi tanpa perlu beli di sekolah tentunya.

Topik tersebut membahas tentang permen jelly, wah saya semangat sekali dengan topik tersebut dan langsung mencari Resep Permen Jelly, dan teryata sangat mudah membuatnya.

Permen Jelly merupakan permen yang terbuat dari sari buah-buahan asli dengan berbagai macam varian rasa dalam bentuk jel, sehingga ketika kita memakannya akan terasa lembut dan kenya, dan kalau membuatnya pastikan jangan memakai bahan pengawet ya Umi, karena pasti berbahaya.

Oh ya Umi, agar lebih mudahnya, saya bagikan resepnya ya, biar kita sama-sama sambil cerita dan sambil mencoba membuatnya, selamat mencoba.

Mula-mula ada 3 bahan yang ada didalam resep tersebut, bahan-bahan ini sengaja dipisahkan karena memang ada beberapa kondisi yang harus dipisahkan saat membuatnya, contohnya bahan A dan B dicampur atau bahan C dan A dipisahkan, oke bahan-bahan permen jelly nya seperti berikut ya.

Resep Permen Jelly

bahan A:
  • 100 gr gelatin
  • 1 gr pengering
  • 200 cc air panas
Bahan B:
  • 150 gr glukosa (bebeco) (1 bundaran/gengaman)
  • 600 gr gula pasir yang putih
  • 160 cc air panas
  • 24x24 loyang/cetakan diberi olesanmentega putih
bahan C:
  • 10 gr citrun zur
  • Essen
  • pewarna 1 tetes
Bagaimana cukup mudah bukan dalam menyiapkan bahanya, karena bahan-bahan dari resep ini ada di sekitar kita dan juga harganya terjangkau sekali.

Setelah dirasa bahan-bahan permen jelly nya sudah terkumpul, maka kita coba membuatnya ya, dan jangan ada yang kelewatan soalnya nanti pasti berbeda dengan punya saya. Baiklah cara membuatnya seperti berikut ya, selamat berusaha.

Cara membuat permen jelly yang enak

  1. Bahan A kita campur jadi satu, dan diaduk hingga rata.
  2. Bahan B juga kita campur jadi satu seperti bahan A,  dan panaskan dengan api kecil hingga suhu 120'c.
  3. Setelah dipanaskan lalu tambahkan bahan A dan aduk hingga rata, kemudian kita tambahankan citrun zur dan aduk hingga rata, hati-hati ya dalam menambahkannya, dan selalu tetap menjaga kebersihannya.
  4. Lalu setelah itu kita beri Essen dan pewarna kemudian cetak dan biarkan dingin, setelah dingin, taburi dengan gula.
  5. Kalau sudah dicetak, besok pagi baru boleh dipotongin yang penting bahan B harus betul-betul lama memasaknya supaya kental.
nb. (kalau pengen dikemas dinginkan selama 3 hari bahan A+B dicampur jadi satu erus dipanaskan sampai berbusa terus ditunggu selama 3 mint terus tambahkan zitrun zur)

Bagaimana Umi setelah mencoba dan membuatnya mudah bukan, oh ya Umi permen jelly ini sangat enak sekali, dan pastinya disukai oleh anak-anak.

Buktinya saja, teman-teman dari anak saya meminta permen jelly buatan saya, dan akhirnya saya lega dengan jajanan anak-anak yang menyehatkan.

Eits tidak hanya itu saja lho Umi, saya punya beberapa artikel tentang permen jelly ini, berikut bahan dan cara membuatnya ya, selamat mencoba.

1) Resep permen jelly buah segar sederhana tanpa gelatin



resep permen jelly buah segar sederhana

Permen jelly juga bisa lho kita tambahi dengan buah segar, penasaran berikut ulasannya: 

Bahan permen jelly buah segar:
  • 2/3 cup anggur putih, seperti chardonnay
  • 2 buah apel
  • 1 sdt pektin bubuk
  • 1/2 cup gula pasir atau secukupnya
  • 2 buah pir besar
  • (jika suka melon, tambahkan melon)
Cara membuat permen jelly buah segar yang lezat:
  1. Siapkan buah-buahan.
  2. Kupas kulitnya dan bersihkan dengan air bersih, lalu sisihkan
  3. siapkan loyang, lalu minyaki, dan masukkan anggur, pir, apel kedalam panci yang bersih
  4. nyalakan kompor dan panaskan buah-buahan tadi sampai mendidih.
  5. kecilkan apinya dan aduk pelan-pelan, pastikan campuran buahnya melembek, tunggu hingga 15 atau 20 menit.
  6. setelah itu masukkan buah-buahnya ke dalam food processor
  7. saring zat yang padat setelah prosesnya selesai
  8. pindahkan ke panci yang sudah bersih
  9. Untuk membuat permen jelly buah:
  10. siapkan mangkuk kecil yang bersih
  11. tuang kedalamnya pektin dan 1/2 cup gula pasir
  12. tambahkan bahan-bahan untuk buahnya kedalam panci
  13. ambil panci buahnya dan panaskan , selama kira-kira 15 menit agar campuran bahannya sedikit mengental. Matikan api kompornya dan kocoklah campuran gula dan juga pektin.
  14. Setelah dirasa mengental lalu kita nyalakan kembali api dengan panas sedang kira-kira lebih besar dari yang pertama
  15. lalu aduk pancinya sampai semua gula larut, kira-kira selama 2 menit.
  16. didihkan campurannya dan tuangkan ke loyang yang telah disediakan sebelumnya.
  17. lalu masukkan loyang ke dalam kulkas selama 24 jam.
  18. Car mencetak jelly buah yang unik
  19. siapkan kertas perkamen, lalu taburi dengan panjang 30 cm dengan gula pasir, dan biarkan terlebih dahulu.
  20. kendurkan pinggiran jelly dengan sendok yang lancip,
  21. balikkan lalu letakkan pada kertas perkamen tadi yang sudah dipotong-potong, lalu biarkan selama 24 jam atau sehari.
  22. dari sini kita dapat membungkus permen jelly buah kita dengan kertas perkamen dan pembungkus plastik dan dimasukkan kedalam kulkas sampai kurang lebih hampir 3 minggu an.
  23. potong-potong permen yang telah Anda buat menurut selera Anda dengan menggunakan cetakan yang unik
  24. lalu keringkan selama 24 jam.
  25. lalu siapkan pembungkus plastik dan simpan didalamnya
  26. Permen jelly buah ini dapat tahan selama kurang lebih 1 minggu.

2) Resep Permen jelly yupi yang kenyal dan lezat

Dan ini adalah beberapa ulasan mengenai permen jelly yupi yang sangat digandrungi oleh anak-anak, jika Umi suka yuk kita buat, berikut resepnya.

Bahan permen jelly yupi yang kenyal dan lezat:
  • 100 gram Gelatin sapi 
  • 150 gram Glukosa  
  • 1 sdm Citrunzur  
  • 600 gram Gula kastor  
  • 1 sdt Pengering  
  • 200 ml Air panas  
  • 160 ml air hangat 
  • Pewarna makanan secukupnya (bisa dengan warna yang Anda suka)
  • Essen buah secukupnya
Cara membuat permen jelly yupi yang kenyal dan lezat:
  1. siapkan gelatinnya dan aduk dengan air panas sampai tercampur
  2. siapkan glukosa dan didihkan dengan air hangat dan segera masukkan gelatin dan air panas tadi aduk dengan api kecil sekitar 12 menit.
  3. setalah dirasa merata lalu angkat, kemudian kita beri citrunzur yang sudah kita siapkan , dan pisahkan menjadi beberapa bagian, beri masing-masing bagian tadi dengan pewarna makanan dan perasa.
  4. siapkan cetakan permennya dan lumuri dengan minyak
  5. tuang adonan tadi didalam cetakan
  6. siapkan casgor sugar dan ayak sehingga halus, masukkan kedalam nampan.
  7. lalu adonan tadi diamkan selama sehari dan setelah itu keluarkan dan masukkan kedalam nampannya
  8. setelah itu kemas dengan rapi dan siap disajikan.


3) Resep Permen Jelly Lidah Buaya

Bahan permen jelly lidah buaya yang enak:
  • Gula pasir bersih 1 kg
  • Pewarna makanan sesuai dengan yang disukai dan secukupnya
  • Daging lidah buaya kurang lebih 1 kg atau menurut selera Anda
Cara membuat permen jelly lidah buaya:
  1. Siapkan lidah buayanya dan bersihkan
  2. Haluskan lidah buaya dengan blender ataupun dengan juicer bila punya. kemudian taruh di panci yang bersih.
  3. Ambil gula dan masukkan kedalam panci aduk hingga rata
  4. Nyalakan api kompor, masak lidah buayanya sambil diaduk hingga mendidih.
  5. Jika sudah mendidih maka kita angkat.
  6. Siapkan adonan yang telah kita siapkan, pisah atau bagi menjadi 4 bagian masing-masing bagian kita beri pewarna yang berbeda-beda menurut selera kita, kemudian aduk
  7. Siapkan loyang yang bersih
  8. Tuang adonannya kedalam loyang yang sudah kita siapkan
  9. Diamkan selama kurang lebih 24 jam
  10. Setelah itu kita potong-potong adonan sesuai kecil-kecil atau selera kita
  11. Jemur dibawah sinar matahari hingga kering dalam waktu sekitar 4-5 hari.
  12. Siapkan plastik untuk proses pengemasan
  13. Bungkus permennya dengan menarik, dan siap disajikan.

 

4) Resep permen jelly dari agar-agar atau nutrijel

Bahan permen jelly agar-agar:
  • 260 gr air es
  • 1 bks agar-agar bubuk atau nutrijel
  • 10 gr citric acid
  • 10 gr perasa sesuai selera
  • Minyak sayur secukupnya
  • 100 gr gelatin
  • 430 gr glukosa
  • gula pasir untuk taburan
  • 520 gr gula pasir
  • 190 gr air
Cara membuat resep permen jelly nutrijel atau agar-agar:
  1. Siapkan Gelatin, rendam  dalam air es dan aduk
  2. tambahkan agar-agarnya dan aduk hingga rata selama 10 menit
  3. setelah itu cairkan
  4. siapkan gula pasirnya, glukosa dan air, kemudian rebus sampai mendidih
  5. tambahkan Citic Acid, aduk sampai rata dengan api kompor yang masih kecil
  6. tambahkan campuran perasa dan gelatin, lalu aduk hingga semuanya tercampur
  7. siapkan adonannya dan cetak
  8. siapkan maizena lalu olesi cetakan dengan gula pasir dan maizennya
  9. diamkan selama 24 jam
  10. lalu keluarkanlah dari cetakan dengan pelan-pelan
  11. olesi dengan minyak sayur
  12. siapkan plastik untuk pengepakan dan bungkus yang rapi
  13. siap disajikan

Demikian Resep Cara Membuat Permen Jelly hari ini, sampai ketemu dengan resep kue lainnya ya, dan tetap Umi, ini semua khusus untuk Umi yang ingin menyiapkan masakan atau makanan yang menyehatkan. Terimakasih.

Source Image: http://cariartikel.com/wp-content/uploads/2013/11/heart-shaped-jelly-candy.jpg

Resep Cara Membuat Permen Jelly Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

21 komentar:

Dewi Rieka mengatakan...

wah ternyata ngga sulit a bikinnya, makasih mba

nisa mengatakan...

Alhamdullah kalau gitu Umi Dewi Rieka semoga bermanfaat.

Fanny Fristhika Nila mengatakan...

Waaahhh.... hrs dibookmark ini blog ^o^..isinya bgs2, walopun jujur aja aku kyknya bkl gagal sih masaknya ;p.. moga2 si mba ART ngerti resepnya dan bisa bikin :D

nisa mengatakan...

Alhamdulillah ikut senang klo bisa bermanfaat Ummi Fanny Fristhika Nila : )

Catcil Ku mengatakan...

mudah2an bisa buat di rumah kapan2, tapi gelatinnya cari yang halal merek apa ya?

nisa mengatakan...

pasti bisa kog "Catcil Ku" asalkan kita terus mencoba dan semangat hehehehe
sebenarnya banyak merek gelatin yang halal, ini bisa kita lihat pada kemasannya, kalau ada tulisan atau sertifikat halal dari MUI, pasti itu halal, tetapi kalau tidak ada jangan pernah beli ya, cari merek yang lainnya saja, hehehe : )

Nathalia Diana Pitaloka mengatakan...

saya blum tau nih bs dapet gelatin dmana

nisa mengatakan...

Ummi Nathalia Diana Pitaloka, mungkin bisa dicari di pasar-pasar tradisional atau di supermarket, mudah-mudah bisa dapat ya Ummi, semangat : )

Siska Anjani mengatakan...

Wah sangat lengkap sekali ini resep nya jadi ingin mencoba resep ayam gorengnya setelah kemarin saya coba resep ayam bakar kecap manis yang lezat tentunya

nisa mengatakan...

Alhamdulillah Ummi Siska Anjani, memang saya berusaha memberikan resep yang lengkap di blog ini, semoga bisa bermanfaat ya,
Oh ya tentang resep ayam nya tentu enak dong, dan bergizi deh pokoknya, : )

Astari Ratnadya mengatakan...

Nexttime mau coba buat aaah :)
makasih informasi resepnya umi.

Nisa Lutfiyah mengatakan...

iya, silahkan dicoba Umi Astari Ratnadya, semoga sukses ya : )

RaniYulianty Iskandar mengatakan...

asyiiikk...ada resep makanan sehat untuk anak, makasih yaaa resepnya, bisa dicoba

Nisa Lutfiyah mengatakan...

Alhmdlh kalau Umi Rani Yulianty Iskandar suka, resep ini cocok sekali buat si kecil : )

semarangrentcar.com mengatakan...

trimakasih bunda

Lianny Hendrawati mengatakan...

Wah permennya cantik-cantik. Kapan-kapan mau nyoba buat juga ah :)

Inna Riana mengatakan...

wah anaku paling suka permen yupi...kenyal2 empuk

Dimas A. R. Kambuna mengatakan...

Permen favorit pas lebaran! Wkwkwkwkk

Nia Haryanto mengatakan...

Wah, boleh dicoba nih resepnya. Belom pernah bikin soalnya...

Susi Susindra mengatakan...

Ternyata tak sulit (banget) bikinnya. Bisa jadi peluang usaha nih. Tfs ya Mbak

Nisa Lutfiyah mengatakan...

@Ummi Susi, @All,

iya sangat-sangat mudah, silahkan dibuat dengan hati ya, biar rasanya enak hehehe