Selasa, 04 Oktober 2016

Resep Cara Membuat Kue Sus Basah Isi VLA Yang Enak dan Bergizi

Advertisement

Halo Umi, sudah lama nih gak update tentang resep kue, dan akhirnya resep cara membuat kue sus basah isi vla yang enak dan bergizi ini menjadi awal dari artikel resep saya ini.

Kalau ngomong-ngomong masalah kue memang tidak ada habisnya lho, karena kue ini adalah sejenis makanan ringan yang harus ada kalau ada tamu dirumah.

Terbayangkan kalau kita tidak ada camilan atau kue saat saudara kita jauh datang kerumah, pasti kita ketimpungan mencari kue, tapi pasti enak kalau waktu saudara atau tamu kita datang langsung deh kita suguhi kue, pasti suasana akan mencair dan menyenangkan tentunya.

Saya hari ini mempunyai tips untuk menyajikan kue yang sangat enak sekali yang pastinya cocok untuk menyuguhi tamu kita, dan kue itu adalah kue sus.

Siapa yang tidak tahu tentang kue sus ini, kue ini adalah kue kering  yang memiliki sebuah bahan isi yaitu vla, sebenarnya bisa sih kita membuat kue sus kering, tetapi kebanyakan orang menyukai kue sus isi Vla.

Resep Kue Sus Basah Isi VLA Yang Enak dan Bergizi

Kue ini identik dengan kue roti, yaitu sama-sama terbuat dari bahan tepung, sehingga untuk kandungan gizinya juga sangat baik, karena kalau kita makan kue sus berarti sama saja dengan kita memakan roti, hmm enak sekali bukan.

Baiklah agar tidak penasaran bagaimana saya membuatnya, berikut akan saya bahas mengenai resep kue sus dengan isi Vla, selamat mencoba.

Resep Kue Sus

Bahan membuat kulit kue sus:
  • air bersih 2 gelas (untuk unkuran kecil)
  • butter 150 gram
  • telur 5 butir
  • sedikit garam atau secukupnya
  • tepung terigu 150 gram 
Bumbu / Bahan membuat Vla:
  • butter milk 2 sendok teh
  • susu sapi segar 650 ml
  • kuning telur 2 butir saja
  • tepung maizena 4 sendok makan
  • bubuk vanili 1 sendok teh
  • gula pasir secukupnya
  • garam 1 sendok makan atau secukupnya
Tips / Cara membuat kulit kue sus:
  1. Pastikan semuanya telah terkumpul dan siap di olah, 
  2. pertama-tama ambil air bersih dan campurkan dengan butter, lalu rebus sampai mendidih
  3. kemudian ambil dan tuangkan tepung terigu, aduk agak cepat agar adonan ini tidak melekat dan menempel di panci kita
  4. setelah dirasa merata matikan api kompor dan sisihkan adonannya sampai suhunya terasa hangat
  5. kemudian aduk lagi adonannya, bisa menggunakan mixer agar lebih praktis, dan pakailah ukuran putaran yang rendah
  6. tunggu proses ini sampai berbntuk kerikil kecil-kecil, lalu tuang telur ayamnya satu-satu, dan aduk kembali sampai rata
  7. lalu ambil plastik dan bentuklah plastik tersebut seperti topi, lubanggi ujungnya dan sisilah plastik yang berbentuk topi dengan adonan
  8. setelah itu cetak pelan-pelan hingga sampai adonannya berbentuk bulat kecil-kecil dengan menekan pangkal plastik, dan pastikan adonannya keluar sedikit demi sedikit dari ujung plastik yang telah dilubangi
  9. nah baru cetakan yang telah jadi tadi masukkan dalam mesin panggang dan tunggu selama kurang lebih seperempat jam, dan tunggu sampai kue sus nya mengembang dan bewarna kecoklatan
  10. angkat dan dinginkan.

Cara membuat isi Vla untuk kue sus

  1. Ambil susu sapinya dan pisah menjadi 2 bagian terpisah, yaitu susu "a" dan susu "b"
  2. untuk yang susu "a", rebus dulu dengan menggunakan gula pasir secukupnya
  3. dan yang susu "b", tuang dalam mangkuk yang bersih, 
  4. tambahkan juga telur ayamnya dan tepung maizena
  5. aduk hingga semuanya merata
  6. setelah susu "a" mendidih, tuang semuanya kedalam adonan susu "b"
  7. aduk hingga bentunya tidak terlalu keras dan encer
  8. setelah itu Vla siap di masukkan dalam kue sus
  9. dan sajikan.
Nah selain resep kue sus basah diatas masih banyak sekali resep kue lainnya yang pastinya memiliki rasa yang sangat enak sekali, dan agar tidak penasaran, yuk simak baik-baik ya resep kue saya kali ini, selamat mencoba.

Resep kue sus kering

Bahan
  • telur ayam 3 butir 
  • keju parut 50 gr 
  • perenyah cookies 1/2 sdt 
  • air secukupnya
  • terigu serba guna 125 gr 
  • margarin / butter 100 gr 
  • garam halus 1/4 sdt 
Cara membuat kue sus kering
  1. Ambil margarin
  2. Lalu rebus air dan masukkan margarinnya
  3. Dan aduk hingga rata dan jika sudah mendidih matikan kompornya lalu dinginkan
  4. Setelah itu masukkan telur, garam dan perenyah cookies dan aduk hingga rata
  5. Lalu mixer lagi
  6. Dan tambahkan juga keju parutnya dan aduk dengan spatula
  7. Lalu masukkan adonan ke dalam piping bag yang diberi spuit 
  8. Setelah itu cetak diatas loyang 
  9. Dan panaskan didalam oven sampai suhu 180 C selama kurang lebih 20 menit
  10. Panggang sus keju sampai kering
  11. Tunggu sampai matang
  12. Setelah itu angkat dan sajikan.

Baca Juga:

Bagaimana Umi, mudah sekali bukan, dan untuk membuatnya tidak harus repot-repot kog, dan membuat kue ini juga tidak memerlukan waktu yang panjang.

Untuk tambahannya adalah selalu pilih tepung yang terbaik, karena rasa dari kue sus tergantung dari bahan tepung yang baik pula, sehingga kalau tepung kita baik, maka gizinya juga baik pula, jadi kita harus pinter-pinter memilihnya ya.

Demikian Resep cara membuat kue sus basah isi vla yang enak dan bergizi kali ini semoga artikel resep masakan ini dapat bermanfaat buat kita semua dan dapat menambah wawasan tentang anek kue di Indonesia, sampai ketemu di lain resep ya, terimakasih.
Source image: http://deresep.com/wp-content/uploads/2014/02/kue-sus.jpg

Resep Cara Membuat Kue Sus Basah Isi VLA Yang Enak dan Bergizi Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

10 komentar:

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Nah..ini resep kue yang lagi saya cari. Keluarga saya seneng banget sama kue sus basah isi vla... perlu dicoba nih, makasih ya sharingnya :)

Nisa Lutfiyah mengatakan...

heheh Alhmdulillah kalau Ummi Nurul Fitri Fatkhani senang, saya sangat bahagia sekali jika bisa membantu, hehehe

Richo A. Nogroho mengatakan...

Lengkap resepnya sampai cara2nya. enak sus mbak, saya suka, luarnya gurih, dalamnya manis, biasanya yang isi susnya tak makan duluan :D

Christanty Putriarty mengatakan...

diriku selalu gagal bikin kue basah seperti kue sus ini. Hiksss

Astari Ratnadya mengatakan...

kue favoriiit!!! dari jaman sd sampe kuliah sekarang

pendarbintang mengatakan...

Mengingatkan Khas roti Papa Beard :D

Irham Sya'roni mengatakan...

Resep ini perlu saya infokan ke istri saya nih...

Nisa Lutfiyah mengatakan...

Dear
@Abi Richo A. Nogroho
@Ummi Christanty Putriarty
@Ummi Astari Ratnadya
@pendarbintang
@Abi Irham Sya'roni

seneng klo resepnya bs bermanfaat n disukai :-)

Makasih banyak yah

Nathalia Diana Pitaloka mengatakan...

saya suka ini, tp beli aja ga pernah bikin

Nisa Lutfiyah mengatakan...

@Nathalia, heheh Alhmdulillah kalau Ummi Nathalia suka : )