Kamis, 28 September 2017

Resep Cara Membuat Sayur Kubis Campur Wortel Kaya Manfaat

Resep Masakan - Bertemu lagi dengan saya di resep umiku ini, bagaimana Umi, sudah puas belum dengan artikel-artikel saya yang lainnya, pasti puas kan, dan resep yang saya bagikan di artikel saya memang sangat mudah, karena itu pasti semua pada betah deh di blog saya.

Dari pada umi beli buku yang pastinya mahal, tidak ada salahnya kan kita mengambil dari artikel saya yang saya gratiskan, karena niat saya adalah untuk membantu para ibu-ibu dalam menyiapkan masakan yang bermanfaat bagi keluarga.

Baik untuk hari ini saya akan membagikan resep yang sangat dinanti buat para ibu-ibu dirumah yang pastinya ingin masakan yang sehat dan juga masakan yang lezat. Masakan tersebut adalah masakan kubis, hayo siapa yang tidak suka sayur ini, pasti rugi deh, karena kubis sangat kaya akan serat dan kaya akan mineral atau protein juga.

Resep Sayur Kubis Campur Wortel Kaya Manfaat

Resep saya cukup unik karena kubis akan kita gabungkan dengan buah atau sayur wortel, kalau kubis saja sudah menyehatkan bagaimana ya kalau dicampur dengan sayur seperti wortel, pasti tambah dobel menyehatkannya bukan, hehehe.

Masakan ini terasa sangat lezat disajikan ketika musim hujan : D, biasanya Kubis dan wortel diolah sebagai menu sayur sop, tetapi kali ini bisa juga Gubis dan wortel diolah dengan menu santan.

Cara membuat sayur kubis ini sangat mudah sekali dan juga simpel, kalau umi binggung jangan malu-malu untuk bertanya ya, : ).

Baiklah agar Umi tidak penasaran bagaimana cara membuatnya,  berikut resepnya, dan selamat mencoba :)

Resep sayur kubis campur wortel


Bahan Sayur Kubis Campur Wortel Kaya Manfaat
  • 1 bh Kubis
  • 1 bh Wortel
  • 5 siung Bawang Putih
  • 2 Siung Bawang Merah
  • 5 bh Kemiri
  • 2 cm Kunyit
  • 3 bh Cabe kecil (sesuai selera)
  • 50 ml air
  • 100 ml air santan

Cara Membuat Sayur Kubis Campur Wortel Kaya Manfaat

  1. Potong-potong memanjang Kubis dan Wortel. Cuci Kubis dan Wortel. Lalu Sisihkan
  2. Haluskan bumbu : Bawang putih, Bawang merah, kemiri, kunyit, cabe kecil
  3. Tumis bumbu yang telah di haluskan sampai harum
  4. Masukkan sayur Kubis dan Wortel
  5. Tambahkan air dan aduk-aduk hingga bumbu merata dengan sayuran, tunggu sampai layu
  6. Masukkan air santan, masak hingga mendidih
  7. Siap disajikan :)
(Porsi : 4 Piring)

Eits jangan keburu kabur ya, saya masih punya lho resep lainnya yang masih berhubungan dengan sayur kubis ini, oke deh agar gak lama-lama, silahkan cek resep saya dibawah ini ya, selamat memasak.

Resep sayur kubis santan

Bahan
  • kubis/kol 1 buah 
  • Air bersih secukupnya
  • daging sapi 250 gram 
  • daun salam 2 lembar 
  • santan kelapa 3 gelas 
  • lengkuas 2 cm, memarkan 
Bumbu
  • kemiri 3 butir 
  • cabai merah 3 buah 
  • ketumbar 1/2 sdt 
  • bawang merah 3 butir 
  • terasi 1 sdt 
  • Garam secukupnya
  • bawang putih 1 siung 
Bahan Pelengkap
  • Bawang goreng
Cara Membuat Sayur Kubis Santan
  1. Ambil kubisnya
  2. Lalu iris-iris kecil atau sesuai selera Anda
  3. Setelah itu iris juga dagingnya 
  4. Lalu cuci semuanya, dan sisihkan
  5. Rebus dagingnya lalu tambahkan daun salamnya
  6. Setelah itu tunggu sampai airnya mendidih
  7. Kemudian masukkan santan, dan masak sampai adonannya mendidih
  8. Lalu tambahkan kubis 
  9. Masak hingga matang, sambil dicicipi rasanya
  10. Angkat dan sajikan.

Bagaimana Umi sangat mudah bukan, resep ini selalu menjadi andalan saya ketika di musim hujan, karena sayur pada saat musim hujan tumbuh subur dan mampu menambah protein pada sayurannya.

Demikian Resep Cara Membuat Sayur Kubis Campur Wortel Kaya Manfaat semoga dari artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan menjadikan keluarga kita sehat, baik jasmani maupun rohani, terus kunjungi artikel resep masakan kita lainnya ya, terimakasih.

Resep Cara Membuat Sayur Kubis Campur Wortel Kaya Manfaat Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

6 komentar:

Lianny Hendrawati mengatakan...

pakai santan ya? kapan-kapan nyoba ah. Kalo aku biasanya ditumis saja wortel dan kubisnya, dibuat orak-arik :D

Nasirullah Sitam mengatakan...

Suka banget kalo sayur ini :-D

Rachmat Tubagus mengatakan...

Wah mirip soto ya mbak. nampak seger banget

nisa mengatakan...

Iy Umi Lianny Hendrawati ini pakai santan, share dong resep orak-ariknya Ummi Lianny : )

nisa mengatakan...

Alhmdlh kalau bgitu Ummi Nasirullah Sitam, saya juga senang sayur ini : )

nisa mengatakan...

Yup bener banget Abi Rachmat Tubagus, sekilas mmang seperti soto, dan segar banget, keluarga saya saja senang dengan masakan sayur ini : )