Rabu, 16 Maret 2016

Resep Cara Membuat Soto Ayam

Advertisement

Resep Cara Membuat Soto Ayam adalah resep masakan indonesia yang tiada duanya, masakan ini dapat kita temui di berbagai kota di Indonesia, dan masakan ini selalu ada sih di pinggir-pinggir jalan, karena memang masakan ini favorit di Indonesia.

Menu masakan ini juga bisa kok menjadi pahlawan ketika perut memang sudah lapar, terutama bagi buat anak kost-kostan, karena memang harga dari soto ini terjangkau.

Masakan ini sama dengan Resep Cara Membuat Kare Daging yang kemaren kita bahas, yaitu bahan-bahan yang diperlukan tergolong banyak, ada lebih dari 2 bahan yang harus kita sediakan terlebih dahulu, tetapi jangan mudah menyerah ya, karena bahan-bahan soto ayam, ada kog dipasar tradisional, selamat mencari ya.

Saat Anda ingin berkuliner ria silahkan mencoba masakan khas daerah Indonesia ini, dan jika para Umi dirumah ingin mencoba bagaimana membuat makanan ini, berikut Resep Soto Ayam. Selamat mencoba ya. 

resep soto ayam

Bahan 1 / Bumbu soto ayam:
  • 5  bh bawang putih
  • 5 bh bawang merah
  • ½ sdt merica
  • 1 bh tomat
  • 2 bh miri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunir

Bahan 2 / Bumbu soto ayam:
  • ½ kg daging
  • 2 cm Laos
  • 1 bh jeruk purut
  • 1 bh sere
  • 1 bh seledri (dirajang lembut)
  • garam dan gula secukupnya 

Dari resep masakan sederhana soto ayam saya ini, setelah bahan 1 dan bahan 2 terkumpul, kita masih harus mencari bahan isinya dari soto ayam, sabar ya Umi, bahanya juga banyak sekali dipasar dan harganya juga terjangkau, barikut bahan isinya.

Bahan isi soto ayam:
  • Kentang goreng
  • Telor
  • Mie Suun
  • Kecambah
  • Koyah (parutan kelapa tua di sangrai)

Setelah bahan isi sudah terkumpul, maka kita sediakan dulu bahan untuk ayamnya, yaitu tinggal beli ayamnya, berikut keterangannya ya.

Bahan ayam :
  • Ayam ½ kg, diberi bumbu soto sedikit, direbus sampai airnya hampir habis lalu digoreng.

Kalau orang Indonesia itu tanpa pedas, maka pasti ada yang kurang, bener tidak?, baiklah agar resep masakan indonesia ini yaitu soto ayam kita lebih lezat, berikut bumbu sambalnya.

Bumbu sambal soto ayam:
  • Cabe rawit direbus
  • Miri goreng
  • Jeruk pecel
  • Garam, gula secukupnya 

Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul, maka ini adalah bagian terakhir, yaitu cara membuatnya, saya sarankan sih selalu menjaga kebersihan ya, agar rasa dan kandungan ayamnya tidak hilang, berikut caranya. Selamat mencoba.

Cara buat soto ayam yang enak:
  1. Gunakan air kaldu sesuai selera untuk airnya.
  2. Bahan 1 dihaluskan.
  3. Ditumis dan ditambahkan bahan 2 kecuali daging sampai matang.
  4. Masukkan bumbu yang ditumis tadi kedalam rebusan daging dan tambahkan kecap jika Anda ingin Anda agak manis.
  5. Tunggu hinga sampai masak, dan agar lebih manisnya sajikan dengan bawang goreng, agar nafsu makan meningkat.
Setelah kita sedikit membahas mengenai bagaimana cara membuat soto ayam, kali ini saya juga ingin membahas beragam resep makanan soto yang ada di Indonesia, berikut artikelnya dan selamat mencoba.

 

1. Resep Cara Membuat Soto Ayam Betawi


Bahan soto betawi:
  • 3 lembar daun jeruk yang masih segar
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 Buah tomat segar
  • jeruk nipis secukupnya
  • 1 batang daun bawang (kita iris kecil-kecil terlebih dahulu)
  • 500 gram daging sapi segar (atau menurut selera)
  • 1 batang serai, (memarkan terlebih dahulu)
  • santan kelapa
  • gula dan garam secukupnyaBahan tambahan soto betawi:
  • 3 buah telur ayam rebus dipotong sesuai selera
  • Bawang goreng
  • 3 buah kentang rebus
Bumbu soto betawi yang dihaluskan:
  • 1 cm jahe
  • 5 siung bawang merah ukuran sedang
  • 5 buah kemiri
  • 1 cm kunyit (bakar kunyitnya sampai baunya terasa harum)
  • 3 siung bawang putih ukuran sedang
Cara membuat soto betawi enak dan gurih:
  1. Siapkan daging sapinya.
  2. Cuci bersih dan rebus di atas api sedang sampai dagingnya terasa empuk.
  3. Pisahkan antara daging dan kaldunya (air sisa rebusan daging sapi).
  4. Lalu potong kecil-kecil daging sapinya sesuai selara kita.
  5. Ambil bumbu yang telah dihaluskan tadi.
  6. Tumis bumbunya sampai baunya terasa harum.
  7. Masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong tadi.
  8. Aduk hingga rata agar bumbu dapat meresap kedalam daging.
  9. Ambil lengkuas, serai, kemudian daun jeruk, lalu tambahkan secukupnya dengan garam dan gula.
  10. Lalu jadikan satu antara kaldu, bumbu yang telah ditumis dengan daging diatas wajan.
  11. Tambahkan santan dan aduk hingga rata.
  12. Dan masak semuanya sampai daging benar-benar empuk dan kuah santan mulai agak menyusut.
  13. Setelah itu siapkan mangkok bersih.
  14. Angkat dan sajikan dengan bahan tambahan yang telah kita siapkan tadi.

2. Resep Cara Membuat Soto Ayam Lamongan Asli


Bahan yang diperlukan:
  • 1 ekor ayam kampung (kalau tidak ada bisa diganti dengan ayam babon atau ayam lainnya)
  • 3 batang serai, (memarkan terlebih dahulu)
  • 5 lembar daun jeruk
  • garam, gula, minyak secukupnya
  • 1500 cc air bersih
  • 1 sdt lada bubuk
Bumbu soto yang dihaluskan:
  • 1 ruas jahe yang masih bagus
  • 2 ruas kunyit, bakar terlebih dahulu
  • 10 siung bawang merah ukuran sedang
  • 4 butir kemiri, sangrai terlebih dahulu
  • 5 siung bawang putih ukuran sedang
Bahan sambal:
  • 4 buah cabai merah ukuran sedang
  • 2 siung bawang putih ukuran sedang
  • garam secukupnya
  • 5 buah cabai rawit merah atau menurut selera Anda
Cara buat soto lamongan asli:
  1. Siapkan daging ayamnya, potong menjadi 4 bagian.
  2. Lalu bersihkan sampai benar-benar bersih.
  3. Setelah itu rebus daging ayamnya sampai daging agak empuk.
  4. Siapkan bahan yang telah dihaluskan dan tambahkan serai dan daun jeruk, tumis sampai baunya harum.
  5. Setelah terasa bau, masukkan bahan tumisan tadi kedalam air rebusan daging ayam tadi.
  6. Tambahkan gula, lada bubuk, dan garam secukupnya lalu aduk-aduk hingga rata.
  7. Masak sampai dagingnya matang dan empuk, dan angkat.
  8. Goreng daging ayam tadi sampai berwarna kecoklatan lalu suwir-suwir dagingnya.
  9. Soto ayam siap disajikan dengan sambal yang telah kita buat tadi.

 

3. Cara Membuat Soto Ayam Madura Spesial


Bahan-bahan soto ayam madura:
  • Ayam 1 ekor, potong-potong
  • Minyak goreng secukupnya
  • Serai 1 batang, memarkan
  • Merica bubuk ¼ sendok teh
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Garam 1 sendok makan
  • Gula pasir ½ sendok makan
  • Air 2 liter
Bumbu halus:
  • Merica ½ sendok teh
  • Jahe 1 cm
  • Bawang putih 7 siung
  • Kunyitbakar2 cm
  • Kemiri sangrai 4 butir
Bahan pelengkap:
  • Jeruk nipis 2 buah
  • Seledri 2 batang, iris halus
  • Bawang daun 2 helai, iris-iris
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Telur rebus 3 butir, potong-potong
  • Soun 50 gram, seduh dengan air panas
  • Tauge pendek 75 gram
Bahan taburan:
  • Keripik kentang
  • Bawang goreng
Cara buat soto ayam madura:
  1. Siapkan daging ayamnya, cuci bersih dan potong-potong menurut selera
  2. Setelah dagingnya bersih, rebus dengan air sampai mendidih dan sisihkan airnya karena dapat dibuat kaldu,
  3. Angkat daging ayam yang telah direbus tadi dan panaskan minyak goreng dengan api sedang
  4. Goreng ayam sampai berkulit, lalu kita angkat dan dinginkan
  5. Setelah agak dingin lalu kita potong kecil-kecil atau kita suwir-suwir agar saat memakannya tidak terlalu sulit
  6. Lalu siapkan bumbu yang telah kita haluskan pada waktu pertama tadi, tambahkan daun jeruk dan serai, lalu tumis sampai bau terasa harum
  7. Setelah itu angkat bumbu tumisnya dan masukkan kedalam kaldu ayam
  8. Campurkan merica, gula dan garam secukupnya dan aduk hingga merata
  9. Setelah itu masak hingga cukup matang
  10. Siap disajikan dengan keripik kentang dan bawang goreng, oh ya kalau ingin sambal bisa kog Umi buat dengan level pedas yang Umi sukai

4. Cara Membuat Soto Ayam Kuning


Bahan-bahan:
  • Daging Ayam Segar (bisa ayam jawa, babon atau ayam potong lainnya)
  • 50 g Soun
  • 3 buah Tomat
  • 200 gr Tauge
  • Bawang goreng secukupnya untuk bahan taburan
  • 200 g Kol, (potong-potong sesuai selera)
  • Telur ayam rebus
  • Kentang rebus
  • Air bersih secukupnya
Bumbu:
  • 1 batang Daun bawang
  • 2 batang Serai, (kita memarkan terlebih dahulu)
  • 2 Daun jeruk purut ukuran besar
  • Minyak goreng
  • 25 gram Lengkuas
  • 2 helai Daun salam
Bahan / Bumbu yang dihaluskan:
  • 1 cm Jahe
  • 4 Kemiri, (kita disangrai terlebih dahulu)
  • 2 Bawang putih 2 ukuran sedang
  • 3 Bawang merah ukuran sedang
  • 5 g Kunyit
  • Garam, gula secukupnya
  • 1/2 sendok teh Merica
Cara buat soto ayam bumbu kuning yang benar dan enak:
  1. Potong-potong daging ayamnya terlebih dahulu dan bersihkan dari kotoran dan dalamannya, lalu rebus dan sisihkan, untuk air rebusannya kita jadikan kaldu.
  2. Tumis bahan yang telah dihaluskan sampai aromanya harumnya.
  3. Setelah bumbunya ditumis kita masukkan atau campurkan ke dalam daging ayam  yang telah di rebus pada awal tadi.
  4. Tambahkan air, serai, lengkuas, dedaunan, aduk hingga rata dan diamkan kurang lebih 20-30 menit agar bumbunya meresap dengan baik.
  5. Masak semuanya hingga dagingnya empuk.
  6. Tambahkan garam dan gula secukupnya.
  7. Setelah itu kita angkat dan potong-potong sesuai selerai, untuk daging ayamnya bisa kita suwir-suwir dan kita pisahkan tulang dengan dagingnya.
  8. Sajikan dengan bahan taburan seperti telur ayam rebus, kentang rebus, dan bawang goreng.
  9. Selamat makan.

5. Cara Membuat Soto Ayam Bening Spesial  yang enak banget


Bahan Soto Ayam:
  • daging ayam jawa/kampung segar (kalau ada, kalau tidak ada bisa memakai ayam babon atau ayam potong)
  • 3 batang daun bawang ukuran sedang
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 3 cm lengkuas yang masih bagus
  • 200 gram kol, iris kecil-kecil
  • 1,2 liter air bersih
  • 250 gram tauge
  • 3 lembar daun jeruk
  • Bahan Isi Soto:
  • 2 buah tomat segar
  • Bawang goreng
  • 2 telur rebus
  • 75 gram soun sebanyak (rendam dengan air panas dulu)
Bumbu Yang Dihaluskan:
  • 2 sendok teh garam
  • setengah sendok teh merica
  • 1 cm kunyit
  • 6 siung bawang putih ukuran sedang
  • 3 bawang merah ukuran sedang
  • 6 butir kemiri
  • 1 cm jahe
Cara Membuat Soto Ayam Bening yang benar:
  1. Siapkan bumbu yang telah dihaluskan
  2. Tumis semuanya sampai benar-benar harum dan sedap
  3. Lalu angkat dan sisihkan
  4. Potong-potong daging ayam menurut selera dan bersihkan sampai benar-benar bersih
  5. Setelah itu rebus daging ayamnya sampai daging benar-benar empuk
  6. Setelah itu angkat dagingnya dan pisahkan dengan air rebusannya
  7. Air rebusannya jangan dibuang, karena akan dijadikan kaldu
  8. Setelah terpisah, campurkan daging ayam dengan bahan atau bumbu hasil tumisan tadi
  9. Tambahkan kedalamnya lengkuas daun salam, serai, dan daun jeruk
  10. Aduk sampai benar-benar rata
  11. Masak sampai daging menjadi empuk
  12. Angkat daging ayamnya dan suwir-suwir dagingnya
  13. Setelah itu kita ke kaldu ayam nya tadi, tambahkan gula dan garam secukupnya kedalam kaldu
  14. Tambahkan daung bawang dan didihkan kuah sotonya sebelum kita menghidangkannya
  15. Isi piring dengan suwiran ayam, tomat, touge, kol, bawang goreng, dan irisan telur secukupnya dan yang terakhir tuangkan kuah soto yang telah mendidih
  16. Selamat menikmati soto ayam bening ya Umi : )
Baca Juga:
Resep cara membuat mie ayam
Cara membuat kue sus basah
Resep cara membuat empek-empek Palembang asli
Cara membuat kue cubit
Resep cara membuat kue pia kulit lapis

Gimana Umi banyak sekali bukan ragam soto yang ada di Indonesia, dan pastinya rasanya sangat lezat dan menyehatkan.

Demikian Resep Cara Membuat Soto Ayam hari ini, sampai ketemu dilain resep ya, dan semua resep keluarga yang menyehatkan ada disini, terimakasih.

Sources gambar: http://www.seleranusantara.co.id/media/soto%20ayam%20ponorogo.jpeg.600x0_q85_crop-smart_upscale.jpg

Resep Cara Membuat Soto Ayam Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

10 komentar:

Evrina Budiastuti mengatakan...

wuahhh udah lama banget gak masak soto, yang saya pengen bisa itu soto sokaraja soanya suka banget sama soto itu, makasih atas resepnya

Nisa Lutfiyah mengatakan...

Alhmdlah kalau Umi Evrina Budiastuti suka, hehehe kalau soto sokaraja sih memang jagonya para soto ayam, pasti kalau nyoba pertama kali bakalan ketagihan seumur hidup : )

Nasirullah Sitam mengatakan...

Soto kayak gini enaknya dimakan pas hujan, apalgi bikin sendiri :-D

Nisa Lutfiyah mengatakan...

iya Bener sekali Umi Nasirullah Sitam, apalagi dimakan pas panas-panas dan sambal yang pedas, : )

tesya mengatakan...

Aduh jadi pengen nyobain bikin soto. Selama ini cuman beli aja aku mah Mba *maluuuu

Nisa Lutfiyah mengatakan...

hehehe, Alhamdulillah bener banget tu Ummi Tesya, kalau bikin sendiri jauh lebih keren lho dari pada beli, saya yakin masakan Ummi Tesya pasti mantep : )

Waya Komala mengatakan...

Wah, baca postingan ini mendadak kayak dapat harta karun mba'.. resepnya banyak. Ijin save boleh ya.. siapa tau bisa dipraktekkan nanti.
Makasih banget ya.. :)

Nisa Lutfiyah mengatakan...

Silahkan Umi Wala Komala, tujuan artikel ini memang untuk membantu siapa saja yang ingin memasak, dan Alhamdllah kalau Umi senang : )

katon sumargi mengatakan...

Wah, lengkap resep sotonya, penasaran dari soto Ayam bening, baru kali ini menjumpai, praktek dulu di rumah. Makasih sobat semoga berhasil.

Nisa Lutfiyah mengatakan...

iya Alhmdlh klw gitu, silahkan dipraktekan Katon Sumargi, semoga sukses dan pasti lebih enak dari punya saya : )