Kamis, 29 September 2016

Resep Masakan Cara Membuat Semur Daging Sapi Bola Ping-pong

Resep Masakan Cara Membuat Semur Daging Sapi Bola Ping-pong - Selain mudah dan nikmat masakan semur selalu menjadi idola saat kita siapkan untuk buah hati kita.

Masakan semur pertama kali saya nikmati ketika saya dimasakkan oleh Ibu saya, pertama saya melihat apa ya masakan ini, karena saya baru pulang sekolah dan perut sudah lapar, langsung saja deh saya santap masakan semur tersebut.

Resep Masakan Semur Daging Bola Ping-pong

Eh tidak tahunya masakan ini sangat lezat sekali, dan masakan ini membuat hati kita senang karena dengan semur perutpun kenyang.

Tetapi dulu Ibu saya membikinkan semur dengan olahan daging ayam dan bagaimana ya kalau kita kali ini menggunakan daging sapi giling, penasaran baiklah berikut Resep Masakan Cara Membuat Semur Daging Sapi Bola Ping-pong, selamat mencoba.

Bahan / bumbu semur daging
  • 1 buah telur ayam jawa
  • 1/2 sdt bubuk pala
  • 250 gram daging sapi
  • 1 sdm bawang goreng ukuran sedang
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 2 sdm tepung kanji
  • 200 gram soun
  • Garam, gula secukupnya
  • 200 ml air bersih

Resep Masakan Cara Membuat Semur Daging Bola Ping-pong

Cara Membuat Masakan Semur Daging Yang Enak
  1. Bersihkan daging sapinya terbih dahulu, kemudian giling daging
  2. siapkan telur, bawang goreng, tepung, daging, bubuk pla, ladam hitam dan garam secukupnya
  3. campurkan bahan-bahan tadi lalu aduk hingga rata
  4. buat bola pingpong dengan bahan-bahan tadi, dan pastikan benar-benar bulat, agar tampilan sedikit agak lucu
  5. nyalakan kompor, taruh diatasnya wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya
  6. panaskan dengan api sedang
  7. masukkan dagingnya yang sudah di buat seperti bola pingpong tadi, dan masak hingga warnanya kuning, setelah itu angkat.
  8. siapkan panci yang masih bersih
  9. lalu tuangkan air bersih kedalamnya, tambahkan bubuk pala, sedikit kecap manis, lada hitam, dan soun, masak bahan tersebut
  10. lalu masukkan daging bola pingpongnya kedalamnya
  11. masak selama kurang lebih 12 menit,
  12. sesudah dagingnya mengental angkat dan sajikan.
Baca juga: Resep Masakan Cara Membuat Nasi Goreng Pedas Hula-Hula 

Selain semur daging sapi yang telah kita buat, teryata ada juga lho resep masakan semur yang pastinya lezat dan bergizi, berikut deh kalau tidak percaya : )

1. Resep Semur Daging Sapi Khas Betawi Asli


Bahan semur khas betawi
  • bawang goreng untuk bahan taburan
  • 10 sdm kecap manis
  • lengkuas secukupnya, dan memarkan
  • 1 sdt jintan, sangrai sebentar lalu haluskan
  • 4 batang serai
  • garam dan gula secukupnya
  • 5 daun salam
  • 1 sdt lada, sangrai sebentar dan haluskan 
  • 500 ml air bersih
  • 4 sdm minyak sayur
  • kentang secukupnya, kupas dan potong kecil-kecil menurut selera
  • 1 kg daging sapi yang masih segar
Bumbu yang dihaluskan
  • 4 cm jahe
  • 4 siung bawang merah ukuran sedang
  • 7 siung bawang putih
  • 7 butir kemiri goreng
Cara memasaknya
  1. Cuci sampai bersih daging sapinya, lalu campurkan dengan kecap manis, lengkuas, serai, garam, dan bumbu halus, lalu yang terakhir masukkan kedalam wajan yang telah diberi minyak goreng dan dipanaskan.
  2. Aduk-aduk hingga rata sambil diremas-remas agar bumbu meresap kedalam daging dengan baik.
  3. Masak semuanya dengan api kecil, tambahkan air sedikit dan masak hingga daing benar-benar terasa empuk dan matang.
  4. Tambahkan kentang yang sudah dipotong-potong, dan perhatikan takaran airnya, kalau sudah mulai menyusut itu tandanya kita harus menambahkan air panas, agar bumbunya tidak cepat habis.
  5. Aduk hingga rata dan tambahkan jintan dan lada secukupnya.
  6. Aduk lagi sampai benar-benar matang dan merata, setelah itu angkat dan sajikan.

2. Resep semur daging kentang


Bahan
  • daging 250 gram (potong tipis, dadu jg boleh)
  • kentang 3 bh (potong kecil)
  • kecap manis 175 ml 
  • daun salam 1 lembar 
  • garam, air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
Bumbu
  • bawang bombay 1/2 bh 
  • bawang putih 3 siung 
  • cabe rawit 7 bh 
  • lengkuas 3 cm 
  • jahe 2 cm 
  • pala bubuk, kayu manis bubuk, masing-masing 1/2 sdt 
  • ketumbar bubuk, lada bubuk, masing-masing 1/2 sdt 
Cara membuat semur daging kentang
  1. Haluskan bumbu-bumbu yang sudah kita siapkan pada saat awal tadi
  2. Lalu tumis dan tambahkan daun salam
  3. Setelah itu masukkan garam, dan dagingnya 
  4. Aduk pelan-pelan sampai rata
  5. Kemudian kasih kecap secukupnya
  6. Aduk dan diamkan sebentar
  7. Lalu tambahkan air, dan tunggu sampai daging setengah matang
  8. Jika kuahnya menyusut maka tambahkan air lagi, dan cicipi rasanya
  9. Setelah dirasa cukup setengah matangnya
  10. Tambahkan kentang, aduk hingga rata
  11. Setelah itu cicipi dan cek kentangnya
  12. Jika sudah matang, maka matikan kompor dan angkat
  13. Lalu sajikan
  14. Semur daging dan kentang siap disantap.

Bagaimana cara memasak semur daging Umi, mudah kan cara ini sama kog dengan Umi bikin semur ayam, tetapi yang paling unik disini adalah kita menggunakan daging sapi yang kita buat seperti bola ping-pong, menarik bukan, heheheh.

Baiklah demikian Resep Masakan Cara Membuat Semur Daging Sapi Bola Ping-pong, semoga bermanfaat buat kita semua ya, terimkasih atas kunjungannya.
Source image: http://1.bp.blogspot.com/-MG7XMHpj0Q8/U-HiWYtRz7I/AAAAAAAAsNs/BbzeQd8zvnQ/s1600/semur+bola+daging.jpg

Resep Masakan Cara Membuat Semur Daging Sapi Bola Ping-pong Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

4 komentar:

Astari Ratnadya mengatakan...

oke fix ngeliat postingan ini aku jadi lapaaaarr~.
semur daging ini menu favorit kalo pulang kerumah di Palembang :)

Chez Pipitta mengatakan...

tampak lejaaaattt... mau ah nyobain :)
kalo dagingnya diganti cincang ayam juga bisa kan?

nisa mengatakan...

Ya Alhamdulillah kalau gitu Ummi Astari Ratnadya, liat fotonya aja udah bikin lapar, apa lagi kalau udah di coba resepnya dan uda jadi makannya... jadi gak sabar menyantapnya ... : )

nisa mengatakan...

Bener Ummi Chez Pipitta, lezat sekali, saya belum pernah nyoba dengan cincang ayam, sepertinya menarik untuk dicoba ya: )