Selasa, 27 September 2016

Resep Masakan Cara Membuat Ceker Ayam Pedas Setan Khas Jawa

Resep Cara Membuat Ceker Ayam Pedas - Sebagai orang Jawa rasanya tidak menarik jika tidak ada masakan pedas di lidah, entah mengapa, masakan pedas di Jawa sangat enak sekali.

Kali ini saya akan membawakan resep mengenai masakan pedas yaitu ceker pedas atau yang biasa dikalangan rumah saya disebut dengan ceker setan.

Hiiiii serem bukan, masakan ceker setan ini tidak hanya sensasi pedasnya yang menantang, tetapi juga memiliki manfaatnya lho, diantara manfaat ceker ayam setan adalah adanya vitamin dan protein yang di hasilkan oleh daging ayam dan juga buah cabai nya, sehingga dapat menambah energi dan menambah stamina kita, dan pastinya tidak kalah dengan kandungan mie ayam ceker : )

Dan hati-hati lho saat kita mengonsumsi ceker ayam ini, karena ceker ayam mengandung kolesterol jadi jangan sampai kebanyakan ya ketika memakannya.

Dan karena makanan pedas ini sangat rame sekali jadinya banyak sekali yang jual ceker ayam, entah itu dijadikan sub ceker ayam, ataupun dijadikan masakan pedas.

Baiklah pasti penasaran, agar tidak penasaran saya bagikan resep ceker ayam ya, berikut resepnya, selamat mencoba. 

Resep Masakan Ceker Ayam Pedas Setan Khas Jawa


Resep ceker ayam

Bahan / olahan ceker ayam setan
  • 1/2 kg ceker ayam jawa
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah cabai merah, iris tipis serong
  • air panas
  • minyak goreng, gula dan garam secukupnya
  • 1 sdt merica bubuk
Bumbu ceker ayam setan yang dihaluskan
  • 3 cabai rawit atau kalau bisa di tambahkan sesuai level yang anda sukai
  • 2 siung bawang putih ukuran sedang
  • 6 buah bawang merah ukuran sedang
  • 2 cabai merah biasa
  • 1 sdt ketumbar

Resep Masakan Cara Membuat Ceker Ayam Pedas Setan Khas Jawa

Cara membuat ceker ayam setan yang enak dan pedas
  1. Siapkan air bersihnya, nyalakan kompor dengan api sedang, dan rebu airnya hingga benar-benar mendidih
  2. masukkan 1/2 kg ceker ayam jawanya lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit
  3. setelah 10 menit pastikan daging ceker telah empuk, setelah itu angkat dan tiriskan
  4. sisa airnya simpan dulu karena itu menjadi kaldu ayamnya yang nanti akan kita proses lagi
  5. memarkan serainya
  6. siapkan bumbu-bumbu halus yang telah kita olah sebelumnya
  7. tumis bumbunya dan campur dengan serai, daun salam dan cabai sampai baunya harum
  8. ambil ceker yang telah ditiriskan dan masukkan kedalam bumbu tadi, oh ya jangan lupa ya, masukkan juga bersamaan dengan kaldu ayam.
  9. tambahkan gula, merica dan garam menurut selera anda.
  10. masak hingga matang, dan siap di hidangkan 
  11. jika ingin kelihatan enak, silahkan menghidangkannya dengan mentimunya ya.

Masakan pedas lainnya: Cara Membuat Nasi Goreng Pedas


Eits jangan keburu kabur dulu ya Umi, saya punya resep lainnya yang tidak kalah dengan resep ceker setan, yah walaupun sama-sama pedasnya sih, tapi cara memasak diresep saya yang kedua ini lebih simpel dan mudah, penasaran yuk simak baik-baik ya, selamat mencoba.

Resep ceker mercon

Bahan
  • daun salam 2 lembar 
  • daun jeruk 2 lembar 
  • ceker ayam 500 gr 
  • kemiri 3 butir 
  • Air, penyedap, garam, gula secukupnya
Bumbu Halus
  • cabe rawit merah 10 buah 
  • bawang putih 4 butir 
  • tomat 1 buah 
  • cabe merah 10 buah 
  • bawang merah 6 butir 

Cara membuat ceker ayam mercon

  1. Ambil cekernya dan cuci sampai bersih
  2. Kemudian rebus ceker tersebut
  3. Pastikan saat merebus, cekernya sudah empuk
  4. Lalu kasih daun salam, sereh, jahe
  5. Kemudian rebus bumbu halus sampai matang, 
  6. Setelah itu tumbuk kasar dengan alat anda
  7. Tumis bumbu yang sudah kita haluskan
  8. Dan beri daun jeruk dan daun salam
  9. Masukkan ceker kedalam adonan
  10. Aduk hingga rata
  11. Lalu beri air garam, gula penyedap dan garam secukupnya
  12. Masak sampai airnya habis, dan sesekali dicicip
  13. Ceker ayam mercon siap disantap.

Demikian  Resep Masakan Ceker Ayam Pedas Setan Khas Jawa panasaran ingin membuatnya kan, dan jangan sampai berlebihan ya, karena pasti akan menganggu kesehatan kita.

Masakan ceker ayam tidak hanya dibuat pedas saja lho Umi, masih banyak yang bisa kita kreasikan seperti soto ceker ayam, keripik ceker ayam, sampai sop ceker ayam, dan masih banyak sekali yang dapat kita buat dengan ceker tersebut.

Akhirnya cukup sekian resep masakan ini yang dapat kami sampaikan kepada Umi dirumah, semoga bermanfaat buat kita semua ya, terimakasih
source image: http://warungcakyu.com/uploads/public/543/4c0/6d7/5434c06d79daa897358216.jpg

Resep Masakan Cara Membuat Ceker Ayam Pedas Setan Khas Jawa Rating: 4.5 Posted By: Nisa Lutfiyah

4 komentar:

Yati Rachmat mengatakan...

Bunda paling suka ceker (ayam) hehe..biasanya resepnya cuma di semur dan di kalio. Nah, sekarang ada tambahan resep lagi nih dari sini. Mau dicoba ah, minggu ini, pastinya.

nisa mengatakan...

Iya Alhmdlh Umi Yati Rachmat, bisa juga lho di buat pedas, pasti tambah enak apalagi buat pengemar masakan pedas, selamat mencoba ya : )

sutrimo mengatakan...

bagi yg gemar dengan masakan pedas bisa di kombine pake sambel manis pedas atau sambal kecap... mantappp dahhh

nisa mengatakan...

Wah sepertinya Abi Sutrisno gemar nih masakan pedas, mantep banget dah kalau dikombine dengan sambel kecap, bikin lidah bergoyang ya : )